PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.55123/storage.v1i2.270Keywords:
Black Box Testing, Equivalen pertition , Sistem Informasi PerpustakaanAbstract
Sistem Informasi yang dibuat sebelum di gunakan secara formal harus melewati pengujian terhadap perangkat lunaknya terlebih dahulu. Banyak metode pengujian yaitu white Box Testing dan Black Box Testing. Disini di pilih Black Box Testing karena untuk pemula yaitu yang tidak mengharuskan menguasai Bahasa pemrograman tertentu .Teknik pengujian pada Black Box Testing ada beberapa cara antara lain Equivalen Partitions Testing, Boundary Value Analysis Testing, Comparation Testing, Sample Testing, Robustness Testing dan lainnya. Disini dipilih menggunakan Teknik Equivalence Partitions yang hanya untuk menguji apakah ada kesalahan pada: fungsi sistem, Interface, struktur data atau akses data, performasi , inisialisasi. Obyek yang dilakukan pengujian adalah Sistem Informasi Perpustakaan melalui web. Jumlah form yang diuji sebanyak 3 buah yaitu Form Inisialisasi , Form Peminjaman dan Form Pengembalian ,yang mana masing-masing form diuji dengan memasukkan beberapa data input yang sering terjadi(ditemukan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian perangkat lunak menggunakan metode Black Box Testing dengan Teknik Equivalence Partitions pada system informasi perpustakaan masih ada form yang hasil outputnya belum sesuai dengan yang diharapkan dalam perancangan karena terjadi error. Dari hasil perhitungan validitas sistem diperoleh nilai 75% .Kemungkinan error yang terjadi dikarenakan adanya kesalahan pada baris kode (syntax). Untuk itu perlu dilakukan update pada syntax untuk memperbaiki bug tersebut.
Downloads
References
Ahrizal, D., Miftah, M. K., Kurniawan, R., Zaelani, T., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Peminjaman PlayStation dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box Testing. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 73-77. doi:10.32493/informatika.v5i1.4338
Andrian Agustian, Imas Andryani, Sita Khoerunisa, Adjie Pangestu, Aries Saifudin(2022), Implementasi Teknik Equivalence Partitioning pada Pengujian Aplikasi E-learning Berbasis Web, Jurnal Teknologi System Informasi dan Aplikasi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Vol 5, No 1 (2022)
Boris Beizer, Software Testing Technicues, Van Nostrand Reinhold; 2nd edition (June 1, 2008)
Jaya, M. S., Gumilang, P., Wati, T., Andersen, Y. P., & Desyani, T. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 131-136.
Muslimin, D. B., Kusmanto, D., Amelia, K. F., Ariffin, M. S., Mardiana, S., & Yulianti. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Teknik Equivalence Partitioning. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 19-26. doi:10.32493/informatika.v5i1.3778
Nugraha, B. F., Aditama, F., Arrofi, M., Ahmad, S. U., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penghitungan Parkir Swalayan ADA Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 146-151. doi:10.32493/informatika.v5i2.5350
Rosalina, A., Rassi, A. A., Hadi, G. Y., Ubaidillah, R., & Desyani, T. (2020). Pengujian Black Box pada Sistem Informasi Penjualan HI Shoe Store Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5, 26-29. doi:10.32493/informatika.v5i1.3964
Richard Helm, Erich Gamma Ralph Johnson, John Vlissides, and Grady Booch., Elements of Reusable Object-Oriented Software , Addison -Wesley, 1977
Sidik,Betha,Husni Pohan,2012, Pemrograman web dengan HTML,Bandung-Informatika
Setiaji,Jarot, 2010, Buku pintar Menguasai Komputer dan Lap top,Jakarta, Mediakita.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 uminingsih uminingsih, Muhamad Nur Ichsanudin, Muhammad Yusuf, Suraya Suraya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.