Pengaruh eWOM, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Produk di Eiger Kota Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.55123/mamen.v4i1.4738Keywords:
eWOM, Brand Image, Customer Satisfaction, Purchase Decisions, Eiger, Pasuruan CityAbstract
This study aims to analyze the influence of electronic word of mouth (eWOM), brand image, and customer satisfaction on purchase decisions of Eiger products in Pasuruan City. Generation Z, as Eiger's primary target, tends to trust recommendations conveyed through eWOM on social media more than conventional promotions. Eiger once faced controversy over an approach deemed rigid and outdated in responding to public reviews. This approach drew criticism for being considered inconsistent with the evolution of social media and current consumer expectations. Data were collected through a survey using questionnaires from 65 respondents who are consumers of Eiger in Pasuruan City. Data analysis was conducted using multiple linear regression to identify the influence of independent variables on the dependent variable. The results indicate that eWOM, brand image, and customer satisfaction have a positive and significant impact on purchase decisions. This study emphasizes the importance for companies to enhance digital marketing activities, build a strong brand image, and maintain customer satisfaction to strengthen competitiveness in the market.
Downloads
References
Arianty, N. (2021, Maret). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 42.
Ayunita. (2021, April). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom)Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Online Shopthyy Thyy) Di Kota Sorong. Badati, 52.
Bloor, S. (2023). Pimberly. Retrieved From Pimberly: Https://Pimberly-Com.Translate.Goog/Blog/Factors-Influence-Consumer-Purchasing-Decisions/?_X_Tr_Sl=En&_X_Tr_Tl=Id&_X_Tr_Hl=Id&_X_Tr_Pto=Rq
Budiantono, B. (2023, Maret). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economia, 731.
Efendi. (2021, Desember). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, 200.
Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan(Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 213.
Juliansyah, F. (2021, Desember). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan(Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 212.
Liliana, M. (2023). Retrieved From Kampus Kwik Kian Gie: Http://Eprints.Kwikkiangie.Ac.Id/4834/3/Bab%20ii%20kajian%20pustaka.Pdf
Mahiri, E. A. (2020, November). Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11, 228.
Martianto, I. A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4.
Maryati, F. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Jurnal Magisma, Viii, 22.
Maulidiah, E. P. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 731.
Mokodompit, H. Y. (2022, Juli 3). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktokshop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat ). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 977.
Nst, V. F. (2023, Mei 25). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Jurnal Ilmiah Metadata, 354.
Nuryanti, A. F. (2023, Januari-Juni). Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Tas Texas Collection Di Toko. Journal Of Economic, Business And Accounting, 2755.
Oktaviani, S. A. (2024, Juli). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada Indonesia. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 221.
Putra, A. G. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7.
Putra, F. F. (2020, Desember). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Bukalapak. E-Proceeding Of Management, 6221.
Reken, F. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran (1 Ed.). (M. G. Indrawan, Ed.) Padang: Cv. Gita Lentera.
Romadhoni, M. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fik Uny. Yogyakarta.
Ruhamak, M. D. (2019, Desember). Pengaruh E-Wm, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Fajar English Course Pare Kediri). Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 244.
Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen (1 Ed.). Yogyakarta.
Sari, A. J. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing Dan Brand Ambassador Umkm Ngudi Rejeki Kelorida. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 323.
Seftiana, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sabun Mandi Cair Merek Dettol Di Bandar Lampung (Studi Konsumen Sabun Cair Merek Dettol Di Bandar Lampung).
Sondyarini, S. (2021). Pengaruh Source Expertise Dan Source Trustworthiness Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Wom Credibility Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Mustika Ratu Dengan Puteri Indonesia Sebagai Brand Ambassador). Journal Of Management, 2.
Wibowo, A. (2015, Januari). Pengaruh Elektronik Word Of Mouth Danbrand Image Terhadap Purchase Intention Pada Konsumen Smartphone Samsung Yang Berbasis Android. Jurnal Ilmu Manajemen, 12, 73.
Wulandari, A. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen. (S. M. Dr. Fitri Rezeki, Ed.) Bekasi, Jawa Barat, Indonesia: Pt. Kimshafi Alung Cipta.
Yuliana. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pda Po. Titian Mas Cabang Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 164.
Yulindasari, E. R. (2022, June). Pengaruh E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Di Shopee. Journal Of Islamic Economic And Finance Studies, 62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wulan Nikmatur Rizkiyah, Dwita Laksmita Rachmawati, M. Tahajjudi Ghifary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
Penulis mengakui bahwa MAMEN (Jurnal Manajemen) sebagai publisher yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain, seperti: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain. Dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada MAMEN (Jurnal Manajemen).