Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.55123/mamen.v4i1.4750Keywords:
School Principal, Teacher Motivation, Teacher PerformanceAbstract
This article examines the role of school leaders in creating a positive work environment through a systematic literature review. A positive work environment is essential for increasing the effectiveness of education in schools. The principal plays a central role in creating a school culture that can increase teacher motivation and performance. Research shows that good leadership, effective communication, and academic support from school leaders can reduce stress and increase teacher motivation. Using a literature review method, this article summarizes various research related to the role of school leaders in creating a supportive work environment. The results show that the strategies implemented by school principals contribute significantly to the overall quality of education.
Downloads
References
Matin, M., & Sugiarto, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Kepala Sekolah: Kepala SMPN di Kota Administrasi Jakarta Timur. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 160-169. https://dx.doi.org/10.31294/jeco.v4i1.7834
Irawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. http://dx.doi.org/10.31602/piuk.v0i0.4726
Pamungkas, R. P., & Nasuha, C. N. (2020). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SMK Budi Bhakti Mandirancan. Jurnal Atsar, 1(1), 28-34. https://www.neliti.com/publications/333189/analisis-gaya-kepemimpinan-kepala-sekolah-smk-budi-bhakti-mandirancan
Alkadri, H., Kunci, K., Sekolah, I., Kepala Sekolah, K., & Guru, K. (2020). KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Anjarrini, K., & Rindaningsih, I. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Sekolah sebagai Unggulan Sekolah di MI Muhammadiyah 1 Jombang. MANAZHIM, 4(2), 452–474. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1952
Efriyanti, R., Arafat, Y., & Wahidy, A. (n.d.). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1104
Fahma, N., Kusuma, A. A. S., P, H. J., Soemardjoko, B., & Narimo, S. (2024). Strategi Perubahan Inovatif dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1345–1350. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.975
Fazria, N., M@gm, M. N., Fazria Masfufah, N., & Rindaningsih, I. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: Literatur Review. 8(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/
Hidayatullah, M., & Rindaningsih, I. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 8. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Lestari, L., & Pd, M. (n.d.). Ta’dibiya Volume 3 Nomor 2 Oktober 2023 PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. https://repository.uinbanten.ac.id/3945/
Mumtaz, S., Rindanigsih, I., & Hidayatulloh. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: LITERATURE REVIEW. Academic Journal Research, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.61796/acjoure.v1i1.12
Nabila, M., & A Ghani, A. R. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Memasuki Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Basicedu, 6(3), 5115–5123. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3040
Nugroho, R. (2024). Budaya Organisasi Yang Mendorong Inovasi Kerja. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(2), 882-893. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i2.3200
Okvi Maharani, & Ida Rindaningsih. (2023). Penilaian Kinerja Sebagai Penentu Prestasi dan Kinerja Tenaga Kependidikan: Literature Review. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 159–170. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1626
Taufik, I., & Rindaningsih, I. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Guru Sebagai Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan (AI). Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 63-69. https://doi.org/10.18592/moe.v10i1.12037
Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i1.3770
Raden Soebiartika, & Ida Rindaningsih. (2023). Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Sistim Kompensasi dan Penghargaan Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah Sidoarjo. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 171–185. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1630
Rahmasari, F., & Windasari, W. (n.d.). KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA SMA NEGERI. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/62313
Sunarya, F. R. (2022). Implementasi Teori Motivasi Frederick Herzberg Dalam Sebuah Organisasi. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 9(3), 909–920. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i3.25915
Sutisna, S. H., Fatkhulloh, K., Rozak, A., Saputra, W. R., Supervisi, P., Untuk, P., Profesionalisme, M., Di, G., Kiansantang, S., & Fatkhulloh, F. K. (2023). AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Kiansantang. 6(2). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.628
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rama Ilham Pratama, Ida Rindaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
Penulis mengakui bahwa MAMEN (Jurnal Manajemen) sebagai publisher yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain, seperti: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain. Dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada MAMEN (Jurnal Manajemen).