PERAN POTENSI STUNTING DALAM MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BONUS DEMOGRAFI

Authors

  • Fariq Mahesa Candra Kerti Universitas Pendidikan Indonesia
  • MirnaNur Alia Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3304

Keywords:

Stunting, Education, Workforce, Demographic Bonuses

Abstract

Stunting atau malnutrisi pada anak merupakan gangguan gizi dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak akibat dari kekurangan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Dampak dari stunting pada anak berupa penyakit tubuh seperti mengganggu perkembangan otak, gangguan pada tubuh, kecerdasan, dan gangguan kognitif pada anak. Hal ini bisa mempengaruhi rendahnya pendidikan dan prestasi pada anak, Tingkat pendidikan yang rendah dapat berpengaruh pada bonus demografi, karena pendidikan yang tinggi memiliki potensi meningkatkan kinerja dan produktivitas. Tingkat angkatan kerja dengan kinerja yang berkualitas sangat berperan penting dalam tercapainya bonus demografi, karena Tingkat angkatan kerja dengan kinerja yang berkualitas bisa meningkatkan standar hidup dan produktivitas ekonomi secara keseluruhan. Artikel ini bertujuan untuk menunjukan hubungan antara stunting atau kekurangan gizi pada anak, terhadap tercapainya bonus demografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. D. Yanti, F. Betriana, and I. R. Kartika, “Faktor Penyebab Stunting Pada Anak: Tinjauan Literatur,” Real In Nursing Journal, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2020.

K. Rahmadhita, “Permasalahan stunting dan pencegahannya,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, vol. 9, no. 1, pp. 225–229, 2020.

R. Pratiwi, R. S. Sari, and F. Ratnasari, “Article DAMPAK STATUS GIZI PENDEK (STUNTING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR : A LITERATURE REVIEW,” 2021. [Online]. Available: https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index

J. Manajemen, I. N. Yasa, and N. M. D. A. Mayasari, “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN,” Bisma: Jurnal Manajemen, vol. 8, no. 2, 2022.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode penelitian kualitatif studi pustaka,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022.

N. Dwi Yanti, F. Betriana, and I. Rahmayunia Kartika, “Faktor Penyebab Stunting Pada Anak: Tinjauan Literatur,” REAL in Nursing Journal (RNJ), vol. 3, 2020, [Online]. Available: https://ojs.fdk.ac.id/index.php/Nursing/index

Aryu Candra, “EPIDEMIOLOGI STUNTING,” 2020.

Izzati Rahmi, “Telaah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Balita di Kota Padang Berdasarkan Berat Badan Per Tinggi Badan Menggunakan Metode CART,” EKSAKTA: Berkala Ilmiah Bidang MIPA, vol. 18, no. 02, pp. 86–99, 2017.

R. Fitri, N. Huljannah, and T. N. Rochmah, “PROGRAM PENCEGAHAN STUNTING DI INDONESIA: A SYSTEMATIC REVIEW Stunting Prevention Program in Indonesia: A SYSTEMATIC REVIEW,” Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal). 2022, vol. 17, no. 3, pp. 281–292, 2022, doi: 10.204736/mgi.v17i3.281-292.

M. Goreti Pantaleon, H. Hadi, I. L. Gamayanti, and J. G. D. D. Indonesia, “Stunting berhubungan dengan perkembangan motorik anak di Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta Stunting associated with children motoric development in Sedayu Subdistrict, Bantul, Yogyakarta,” 2015.

W. Indah, D. Aurora, R. J. Sitorus, and R. Flora, “PERBANDINGAN SKOR IQ (Intellectual Question) PADA ANAK STUNTING DAN NORMAL.”

RISKESDAS, K. Kementerian, and K. Ri, “RISET KESEHATAN DASAR RISKESDAS 2010,” 2010.

R. P. Naulia, H. Hendrawati, and L. Saudi, “Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemenuhan Nutrisi Balita Stunting,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, vol. 10, no. 02, pp. 95–101, Jun. 2021, doi: 10.33221/jikm.v10i02.903.

Miftahul Jannah, “PERKEMBANGAN OTAK PADA MASA ANAK USIA DINI: KAJIAN DASAR NEUROLOGI DAN ISLAM,” vol. 12, no. 2, Apr. 2023, doi: 10.1177/21582440221096131.

D. Ilham and W. Laila, “FAKTOR DETERMINAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SDN 09 NANGGALO KOTA PADANG TAHUN 2017,” Jurnal Kesehatan Perintis, vol. 5, 2018.

P. P. Arfines and F. D. Puspitasari, “Hubungan Stunting dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Daerah Kumuh, Kotamadya Jakarta Pusat,” Buletin Penelitian Kesehatan, vol. 45, no. 1, Mar. 2017, doi: 10.22435/bpk.v45i1.5798.45-52.

O. Achmad and N. Sutikno, “BONUS DEMOGRAFI DI INDONESIA,” 2020.

K. E. Wirawan, I. Wayan Bagia, G. P. Agus, and J. Susila, “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN,” Bisma: Jurnal Manajemen, vol. 5, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fariq Mahesa Candra Kerti, & MirnaNur Alia Abdullah. (2024). PERAN POTENSI STUNTING DALAM MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BONUS DEMOGRAFI . SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3304

Issue

Section

Articles