IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN DI ARMADA COMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI
DOI:
https://doi.org/10.55123/storage.v2i1.1749Keywords:
Armada Computer, Data Mining, Apriori AlgorithmAbstract
Algoritma Apriori adalah metode penambangan data untuk menentukan aturan asosiasi antara satu set item. Untuk mengidentifikasi tren penjualan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kombinasi produk dan layanan yang paling umum. Komputer Armada memiliki masalah karena tidak tahu apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana mereka berbelanja. Satu hal yang harus diketahui oleh pelanggan adalah barang mana yang sering dibeli bersama. Algoritma Apriori akan digunakan dalam data mining untuk mengidentifikasi kombinasi produk yang sering dibeli bersama oleh pelanggan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menghasilkan 29 aturan produk yang sering dibeli bersama. bersama-sama dengan dukungan minimum 5% dan kepercayaan minimum 70%. Rekomendasi ini akan digunakan untuk mempromosikan produk untuk bisnis.
Downloads
References
Aditya, dkk. 2016. Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. ISSN : 2541-3619.
Andri, dkk. (2016), “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar”, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia (JITIKA). Google Cendekia, http://scholar.google.ac.id, STIMIK PPKIA Pradmya ParamitraHutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi .Yogyakarta: Deepublish.
Anggraeni, Hapsari, Dita, dkk. 2013. Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus di Apotik Setya Sehat Semarang). Jurnal Masyarakat Informatika Vol.4, No.7, Oktober 2013, ISSN : 2086-4930.
Bambang, dkk.(2012), “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembayaran Barang Pada PT. Bumi Boga Indah”, Jurnal Ilmu Komputer. Google Cendekia, http://scholar.google.ac.id, Fakultas Teknik Universitas Islam Attahiriyah.
Fadilah(2019),http://eprints.uad.ac.id/12580/2/KP_1600018076_JUDUL.pdf
Kanti, Surti & Indrajit, Richardus Eko. 2017. Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store SDC Tanggerang Dengan Algoritma Apriori. November 2017,p-ISSN : 2407-1846, e-ISSN : 2460-8416.
Nurdin, & Astika, Dewi. 2015. Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Menggunakan Metode Apriori Pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe, 6, 133–155. Retrieved from http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/article/325483.
Rahmawati, Nadya., dkk. 2017. Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Untuk Menemukan Pola Pembelian di Toko Metro Utama Balik Papan. Jurnal Eksponensial Vol.8, No.1, Mei 2017, ISSN : 2085-7829
Ridwan(2014),http://eprints.umpo.ac.id/139/1/HAL%20DEPAN%20BAB%20I%20ridwan.pdf.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulhilmi, Nahar Mardiyantoro, Dimas Prasetyo Utomo, Iman Ahmad Ihsannuddin, Nulngafan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.