Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) Pada Google Play Store Menggunakan Metode Naive Bayes

Authors

  • Sendi Alpin Rizaldi Rizaldi Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancan
  • Syariful Alam
  • Imay Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.55123/storage.v2i3.2334

Keywords:

Analisis Sentimen, naive bayes, Google Play Store

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan digital di Indonesia menjadikan adanya banyak perubahan diampir seluruh aspek kehidupan. Termasuk aplikasi dalam bidang e-government atau pemerintahan elektronik yang saat ini banyak digunakan untuk layanan infromasi. Salah satunya aplikasi JMO merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang sudah rilis di Google Play Store pada 19 Februari 2018 dan di unduh sekitar 10 juta. Ulasan menjadi sumber informasi penting bagi pengembang untuk mengetahui keluhan dari para pengguna. Namun tidak semua ulasan pengguna mewakili pendapat pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna yang menggunakan aplikasi JMO di Google Play Store dengan mengambil ulasan melalui web scraping. Analisis sentimen merupakan proses text mining yang mengklasifikasi data tidak teratur untuk menghasilkan informasi sentimen. Dalam analisis sentimen metode yang digunakan menggunakan algoritma Naive Bayes. Dari hasil penelitian analisis sentimen, data diambil melalui hasil scraping dari bulan September 2018 hingga Februari 2023 sebanyak 5000 data ulasan dan diberi label kedalam kategori positif dan negatif. Didapatkan hasil bahwa pengguna aplikasi JMO memberikan ulasan negatif dimana dari jumlah prediksi klasifikasi sentimen positif sebanyak 1472 dan sentimen negatif sebanyak 3528 data ulasan artinya pengguna banyak memberikan komentar negatif terhadap aplikasi JMO, namun tidak sedikit yang berkomentar positif. Dan hasil klasifikasi dari metode naive bayes didapatkan hasil akurasi 95%, precision 91% dan tingkat keberhasilan (recall) 90%. Dan hasil dari visualisasi data ulasan negatif terdapat kata-kata “aplikasi”, “update”, “login”, “data”, “gagal”dan lain-lain. JMO perlu meningkatkan kemampuan aplikasi dalam melakukan login dan cek saldo karena banyak mengalami gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPJS Ketenagakerjaan (no date). Available at: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/28318/BPJS-Ketenagakerjaan:-Peserta-Aktif-Secara-Nasional-Capai-36-Juta (Accessed: 15 March 2023).

Duei Putri, D., Nama, G.F. and Sulistiono, W.E. (2022) ‘Analisis Sentimen Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier’, Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 10(1). Available at: https://doi.org/10.23960/jitet.v10i1.2262.

JMO (Jamsostek Mobile) - Aplikasi di Google Play (no date). Available at: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bpjstku (Accessed: 15 March 2023).

Khoirul, M., Hayati, U. and Nurdiawan, O. (2023) ANALISIS SENTIMEN APLIKASI BRIMO PADA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.

Larasati, F.A., Ratnawati, D.E. and Hanggara, B.T. (2022) Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Dana dengan Metode Random Forest. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.

Normawati, D. and Prayogi, S.A. (2021) Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter, Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI.

Nurtikasari, Y., Syariful Alam and Teguh Iman Hermanto (2022) ‘Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Film Pada Platform Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes’, INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(4), pp. 411–423. Available at: https://doi.org/10.55123/insologi.v1i4.770.

Zamsuri, A. et al. (2023) ‘Analisis sentimen opini vaksinasi Covid-19…’, ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1).

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles