KOMPARASI PAYMENT DIGITAL UNTUK ANALISIS SENTIMEN BERDASARKAN ULASAN DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

Authors

  • Renaldi AL Anshari Renal Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Syariful Alam
  • Moch Hafid T

DOI:

https://doi.org/10.55123/storage.v2i3.2337

Keywords:

Google play store, Support Vector Machine, Analisis Sentimen, Dana, OVO

Abstract

Pada era modern saat ini semuanya menjadi sangat mudah dan praktis tentunya dengan bantuan perkembangan teknologi aktivitas manusia menjadi sangat terbantu sekali. salah satunya dalam bidang keuangan atau biasa disebut finance. seperti yang sudah di ketahui saat ini banyak produk keuangan yang di gabungkan dengan kemampuan teknologi atau sering juga di sebut dengan fintech (finansial technology). salah satu produk dari fintech adalah payment digital. Sederhananya digital payment ini merupakan metode pembayaran yang memanfaatkan teknologi jaringan internet dan sejumlah perangkat untuk mendapatkan benefit kepraktisan, efesiensi dan kemudahan. Salah satu aplikasi digital payment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dana dan Ovo, data yang diambil ini adalah data ulasan pengguna dari google playstore dengan cara scraping menggunakan API google play scraper. Tujuan dari penelitian ini utnuk mengetahui ulasan pengguna dan membandingkan mana aplikasi yang mendapatkan banyak komentar positif dan negatif menggunakan algoritma Support Vector Machine, dari masing-masing aplikasi diambil  6000 data, dan untuk hasil akhirnya aplikasi dana yang mendapat nilai tertinggi berdasarkan nilai akurasi 0,92, presisi 0,92 dan nilai recall 100%. Dengan hal itu aplikasi dana cenderung mendapatkan sentiment positif dan negatif lebih banyak di masyarakat berdasarkan ulasan pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agrani, A. (2020) ‘PERBANDINGAN ANALISIS SENTIMEN TERHADAP DIGITAL PAYMENT “ GO- PAY ” DAN “ OVO ” DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN WORD CLOUD COMPARISON OF SENTIMENT ANALYSIS AGAINST DIGITAL PAYMENT “ GO- PAY ” AND “ OVO ” IN SOCIAL MEDIA TWITTER USING NAÏVE BAYES ALGORITHM AND WORD CLOUD’, 7(2), pp. 2534–2542.

Astuti, A. P., Alam, S. and Jaelani, I. (2023) ‘Komparasi Algoritma Support Vector Machine Dengan Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Pada Aplikasi BRImo’, XI(02), pp. 1–7.

Ditami, G. R., Ripanti, E. F. and Sujaini, H. (2022) ‘Implementasi Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen Terhadap Pengaruh Program Promosi Event Belanja pada Marketplace’, 8(3), pp. 508–516.

Fariz, I. et al. (2023) ‘Ilham Fariz Asya Mubarok, 2) Baenil Huda, 3) Agustia Hananto, 4) Tukino, 5) Huban Kabir’, 8(1), pp. 69–74.

Hidayat, A. N., Hanggara, B. T. and Prakoso, B. S. (2021) ‘Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Dompet Digital ( Studi Kasus Pada OVO dan DANA )’, 5(6), pp. 2181–2187.

Himawan, R. D. (2021) ‘Perbandingan Akurasi Analisis Sentimen Tweet terhadap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Masa’, 7(1), pp. 58–63.

Khatib, J. et al. (2022) ‘Indonesian Journal of Computer Science’, 11(1), pp. 1036–1052.

Mubarak, D. A. and Akhmadi, M. H. (no date) ‘IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL PAYMENT DALAM PELAKSANAAN PEMBAYARAN BERBASIS CASHLESS DI MASA PANDEMI COVID-19’.

Noviana, R. et al. (2023) ‘PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN SVM UNTUK ANALISIS SENTIMEN BOY’, 2(2), pp. 51–60.

Penggunaan, P. et al. (2017) ‘p 2337-4721’, 5(1), pp. 145–151.

Sentimen, A. et al. (2021) ‘Analisis Sentimen Pada Maskapai Penerbangan di Platform Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine ( SVM ) Sentiment Analysis of Airline on Twitter Platform Using Support Vector Machine ( SVM ) Algorithm’, 10(1), pp. 18–26. doi: 10.34148/teknika.v10i1.311.

Technology, F. et al. (2020) ‘financial technology’, 2(2), pp. 155–170.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles