PERANCANGAN ULANG UI/UX DESIGN FACEBOOK LITE APP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.55123/storage.v3i1.3111Keywords:
ui/ux design, facebook lite, design thinkingAbstract
Pada penelitian ini, desain user interface atau UX pada aplikasi mobile berbasis media sosial Facebook lite didesain ulang untuk memahami kebutuhan dan permasalahan pengguna berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pengguna pengguna aplikasi Facebook lite. Dalam proses transformasi desain, Facebook lite mengalami perubahan signifikan dengan penerapan pendekatan Design Thinking. Metode ini melibatkan empati, pendefinisian, idealisasi, pembuatan prototipe, dan pengujian. Pada proses ini alat perancangan yang digunakan adalah Figma dan tahap pengujian atau pengujian menggunakan maze. Fitur desain UI/UX yang diperbarui mencakup halaman login, beranda, perpesanan, dan pasar. Pada tahap akhir pengujian atau tahap pengujian agar Desain UI/UX update aplikasi Facebook lite dapat berjalan dengan baik dan desain aplikasi yang diperbarui dapat dipahami dengan baik oleh pengguna. Penilaian tingkat kesulitan penggunaan pada hasil desain produk dimana untuk hasil tugas 1 tentang logging dan posting mendapat skor rata-rata 6,2 menunjukkan responden menganggap tugas tersebut sedikit lebih mudah. Tugas 2 tentang Download konten mendapatkan rata-rata 6,8 yang menunjukkan sebagian besar responden menganggap tugas tersebut merupakan tugas yang cukup mudah. Tugas 3 tentang pemesanan marketplace mendapatkan rata-rata 6,4 yang menunjukkan tugas yang cukup mudah.
Downloads
References
Indy, R. (2019) ‘Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara’, HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), pp. 1–18. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Maghfiroh, W. (2020) ‘The impact of technology on education’, Journal of Chemical Education, 73(8), p. 669. Available at: https://doi.org/10.1021/ed072p669.
Matari, G.N. and Pribadi, R.R. (2022) ‘Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas’, MDP Student Conference, pp. 231–238. Available at: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1745.
Nurhuda, H., Tinggi, S. and Islam, A. (no date) ‘Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions’, pp. 127–137.
Reynaldi, V.K. and Setiyawati, N. (2022) ‘Perancangan Ui/Ux Fitur Mentor on Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi’, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(3), pp. 835–849. Available at: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109.
Sudrajad, K., Tolle, H. and Ananta, M.T. (2023) ‘Evaluasi dan Perbaikan User Experience dari Aplikasi Perangkat Bergerak Unggul Sports Center Malang menggunakan Metode Heuristic Evaluation’, 7(2), pp. 1022–1029. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Wijaya, A. et al. (2022) ‘Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking’, Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang, pp. 465–471. Available at: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1807.
Yunus, M. et al. (2022) ‘JUSIFOR : Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Perancangan Aplikasi Game Edukasi untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar’, 1(2), pp. 112–121. Available at: https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i2.1637.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nahwatul Nur Rifa, Darso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.