ANALISA PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG UNIT PELAYANAN TEKNIS PUSAT BALAI LATIHAN KERJA BANTUL

Authors

  • Fahrul Nurfajri Mokoagow
  • Rizal Maulana
  • Oggi Heical Ardian
  • Sely Novita Sari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55123/storage.v3i1.3153

Keywords:

Manajemen Waktu, Lintasan Kritis, Metode PDM

Abstract

Proyek yang dilaksanakan secara temporer tentu perlu diatus dan dikendalikan dengan baik. Manajemen proyek adalah aplikasi dari pengetahuan, keahlian, dalat dan tekntik untuk melaksanakan aktivitas sesuai dengan kebutuhan proyek. Untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi dilapangan seperti kendala waktu, teknis dan lain-lain diperlukannya system manajemen waktu yang baik untuk menjawab permasalahan yang ada. Metode PDM menjadi sarana untuk perancangan jaringan kerja kegiatan, kemudian menghubungkannya dengan anak panah untuk menunjukkan ketergantungan tiap kegiatan. Hasil dari penelitian kali ini yaitu, terdapat keterlambatan proyek disebabkan produktivitas sumber daya yang kurang memadai dan penerpan manajemen waktu yang kurang tepat sehingga menghasilkan bobot pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana. Durasi rencana pekerjaan diselesaikan untuk perencaanaan struktur adalah 119 hari dan menjadi 98 hari setelah dilakukannya perhitungan menggunakan metode PDM. Lintasan kritis yang terjadi pada proyek kali ini terdapat 66 lintasan kritis. Produktivitas tenaga kerja sangat mempengaruhi durasi pekerjaan maka dibutuhkan penambahan tenaga kerja agar bisa didapatkan durasi optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Callahan, M. T. (1992). Construction Project Schedulling. New York: McGrowihll.

Clough dan Sears. (1991). Construction Project Management. New Jersey (US): John Willey & Sons Inc.

Irawan, N. D., Sari, S. N., & Hermawan, A. (2021). Penjadwalan Waktu Proyek Pembangunan Gedung Menggunakan Metode Cpm Di Flores Timur. Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021.

Isnubroto, D. (2021). Analisis Penjadwalan dan Alokasi Sumber Daya Pada Proyek Konsturksi Menggunakan Microsoft Project (Studi Kasus Pekerjaan Struktur XYZ). Jurnal Pengembangan Teknik Sipil , 52-65.

Nugraha. (2020). The Improvement of Tourist-Village Promotion Through the Optimalization of Information and Communication Technology for Rural-Youth. International Journal of Business, Economics and Social Development.

Pratiwi, R. (2018). Optimalisasi Waktu dan Biaya Mengguanakan Time Cost Trade Off Method (TCTO) dan Precedence Diagram Method (PDM) Pada Pembangunan Drainase Jalan Tol KM. 35 Balikpapan- Samarinda. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Transukma.

Sari, S. N. (2019). Evaluasi Anggaran Biaya menggunakan Batu Bata Merah dan Batu Bata Ringan Gedung Kantor Kelurahan Bareng Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten. Jurnal Qua Teknika, 9(1), 1-10.

Siswanto, A. B. (2019). Manajemen Proyek. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Soeharto, I. (1995). Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Suwondo, T. (2021). Analisa Penerapan Manajemen Waktu dan Biaya ( Studi Kasus Pekerjaan Struktur Bawah Pada Proyek Pembangunan Gedung Arumaya). Jurnal Kajian Teknik Sipil, Vol. 6, No. 02, 11-17.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Articles