ANALISA BESARAN FORCE TERHADAP KEKUATAN SHOCK ABSORBER KONVESIONAL DENGAN PENDEKATAN SIMULASI

Authors

  • Dendy Maulana Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Rizki Adi Nugroho Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Muhamad Safi'i Sains Al Qur'an University
  • Muhamad Idrokul Fahmi Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Ahmad Ramdhani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Syahrul Maulana Rozaki Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Hamdan Ramadhan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Muhamad Juli Saputra Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo
  • Ilham Ariawan Ashar Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.55123/storage.v3i4.4318

Keywords:

Force, Shock, Simulasi

Abstract

Penggunaan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor setiap tahunnya mengalami peningkatan yang sangat pesat. Salah satu bagian terpenting dari sepeda motor adalah suspensi. Penelitian tentang sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam getaran dan merupakan bagian penting dalam suspensi kendaraan bermotor yang menjadi prhatian utama. penelitian tentang pengaruh besaran force yang bekerja pada shock absorber konvesional terhadap kekuatan shock absorber konvesional dengan metoda simulasi dengan menggunakan aplikasi komputer Solidworks simulation. Besaran force yang bekerja pada shock absorber konvesional sebesar 50 N, 75 N, dan 100 N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shock absorber konvesional memiliki nilai tegangan von Mises, displacemen, dan strain yang tinggi seiring ditingkatkannya force yang bekerja. Hasil ini diharapkan dapat digunakan untuk referensi perancangan shock absorber konvesional dan dapat diterapkan untuk mempertimbangkan faktor kemanan pada shock absorber konvesional di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dendy Maulana, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Rizki Adi Nugroho, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Muhamad Idrokul Fahmi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Ahmad Ramdhani, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Syahrul Maulana Rozaki, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Hamdan Ramadhan, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Muhamad Juli Saputra, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

Ilham Ariawan Ashar, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo

Student

References

X. Hou, R. Zhang, M. Yang, S. Cheng, 2024. “Modeling the Lane-Changing Behavior of Non-Motorized Vehicles on Road Segments Via Social Force Model”. Physica A: Statistical Mechanics and its Applications. Vol. 633, No 2, PP. 1-12.

A. Hassanpour, A. Bigazzi, 2024. “Operating Speed Distributions In off-Street Cycling Facilities by Vehicle Type and Motorization”. Journal of Cycling and Micromobility Research. Vol. 2, No 2, PP. 1-14.

J. Song, R. Zong, Y. Li, Y. Gao, Z. Chen, L. Qi, Z. Zhang, 2024. “An Electromagnetic-Pneumatic Hybrid Regenerative Shock Absorber for Extended Range of Space Exploration Vehicles”. Mechanical Systems and Signal Processing. Vol. 210, No 2, PP. 1-13.

L. Schickhofer, C. G. Antonopoulos, 2024. “Cause–Effect Relationship Between Model Parameters and Damping Performance of Hydraulic Shock Absorbers”. International Journal of Non-Linear Mechanics. Vol. 159, No 2, PP. 1-14.

T. Islam, M. D. Uddin, R. Uddin, 2024. “Finite Element Analysis of Motorcycle Suspension System Stability Using Different Materials”. Journal of Engineering Research. Vol. 112, No 2, PP. 1-15.

Y. T. Amedokpo, 2024. “Tracking Early Adoption of Electric Motorcycles: The Mototaxi Riders’ Experience in Lomé”. Transportation Research Part D: Transport and Environment. Vol. 131, No 2, PP. 1-14.

B. Zhang, Z. Zhao, Y. Li, X. Zhang, X. Li, D. Hao, Z. Zhang, 2024. “Design and Analysis of a Piezoelectric Energy Harvesting Shock Absorber for Light Truck Applications”. Applied Energy. Vol. 377, No 2, PP. 1-14.

F. Rahmadianto, A. P. Gerald. 2020. Analisa Pengaruh Variasi Displacement Shock Absorber Kendaraan Bermotor Terhadap Respon Getaran. Journal Mechanical and Manufacture Technology. Vol. 1, No 1, PP. 18-23.

R. B. S. Majanasastra. 2013. Analisis Defleksi dan Tegangan Shock Absorber Roda Belakang Sepeda Motor Yamaha Jupiter. Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 1, No.1, PP. 1-7.

A. Hadi. 2015. Estimasi Getaranmekanik Pada Telescopic Shock Absorber Motor Yamaha Jupiter. Skripsi, Jurusan Tehnik Mesin, Universitas Pattimura.

A. J. Rana. 2015. Pengaruh Viskositas Berbagai Minyak Sawit Untuk Oli Peredam Shock Absorber Sepeda Motor. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Padang.

A. Noerdien, G. Rubiono, I. Qiram. 2018. Pengaruh Studi Karakteristik Getaran Shock Breaker Pada Sepeda Motor Matic 110 CC. Jurnal V-Mac,Vol.3, No.1, PP. 5-8.

Y. Djaja, D. Santoso. 2014. Perencanaan Pegas pada Shock Absorber Roda Belakang Mobil Jenis Sedan 1500 CC. Jurnal Mekanikal Teknik Mesin. Vol. 10, No. 1, PP. 12-19.

A. E. Ismail, S. Sumarli, M. Harly. 2023. Pengaruh Pemasangan Shock Absorber Multi Stage untuk Mengurangi Sudut Pitching, Damper Ratio dan Efisiensi Pengereman Pada Sepeda Motor CB 150 R. Jurnal Teknik Otomtif. Vol. 7, No. 1. PP. 1-10.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles