Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia Regional Aceh Barat

Authors

  • Julian Gunadi Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.2157

Keywords:

Communication Process, Socialization, Indihome Products

Abstract

Di era globalisasi, perkembangan teknologi berjalan sangat pesat dan dengan persaingan yang semakin ketat, hal ini memicu banyak penyedia jasa telekomunikasi bermunculan. Dalam hal ini, perusahaan telekomunikasi berupaya untuk melakukan proses komunikasi dengan tujuan agar produknya lebih terkenal di kalangan masyarakat serta bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses komunikasi dalam sosialisasi produk indihome PT Telekomunikasi Regional Aceh Barat. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa dalam melaksanakan proses komunikasi dalam sosialisasi produk indihome, PT Telekomunikasi Indonesia Regional Aceh Barat menerapkan atau mengimplementasikan konsep proses komunikasi menurut Onong Uchana Effendy, yang terdiri dari proses komunikasi atau communication process yang terbagi menjadi dua, yaitu proses komunikasi primer dan proses komunikasi sekunder. Dari seluruh proses komunikasi yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Regional Aceh barat, proses komunikasi yang paling dominan dan efektif dilakukan adalah proses komunikasi verbal, karena pada proses komunikasi dalam sosialisasi produk indihome dilaksanakan dengan cara door to door pada masyarakat Aceh Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoni, M. Z., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome: Studi kasus pada masyarakat Kelurahan Seketeng Kabupaten Sumbawa. Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 3(00), 1-16. Retrieved from http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/jafa/article/view/885/621

Herdiansyah, H. (2019). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial: Perspektif konvensional dan kontemporer. Retrieved from http://repository.president.ac.id/handle/123456789/8377

KURNIAWAN, D. F. (2019). STRATEGI SALES PROMOSI PERUSAHAAN TELKOMSEL PADA APLIKASI DIGITAL MYTELKOMSEL TAHUN 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Mivadila, M., Chatra, E., & Ariany, R. (2019). Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Pilgub Sumatera Barat Tahun 2015. Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 05-16. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1477

Nugraha, N. (2014). Efektifitas Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Oleh Polisi Resor Kota Samarinda Dalam Mensosialisasikan Program Safety Riding Kepada Pengendara Roda Dua Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 44. http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/eJournal%20ganji%20DONE%20(08-19-14-12-44-39).pdf

Praing, Robinson Umbu Ndami Pindi (2018) Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Produk Indihome Pt. Telekomunikasi Kandatel Yogyakarta. Thesis, UAJY. Retrieved from https://e-journal.uajy.ac.id/15092/

PERMANASARI, D. E. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PENYEDIA LAYANAN INTERNET (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Produk IndiHome oleh PT. Telkom Indonesia Witel Yogyakarta di wilayah Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

RUAUW, G. J. (2023). PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK TELKOMSEL ORBIT DI PT. TELKOM WITEL SULAWESI TENGAH (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Setiawan, M. I., & Yulianita, N. (2014). Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Pelestarian Kesenian Karinding. Prosiding Hubungan Masyarakat, 33-38. Retrieved from https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/164

Subroto, H. G. (2009). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA LINK MENANGANI EVENT PESONA PANGAN NUSANTARA 2008 DI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Telkom Indonesia, (2020). Telkomgroup. Retrieved from https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22

WAHIDANI, I. M. (2016). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU SECARA PRIBADI PADA PRODUK INDIHOME PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Wicaksono, W. M., & Novianti, W. (2021). Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Pembentukan Konsep Diri Anak Panti Asuhan Bunda Serayu. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 7(1), 96-106. Retrieved from https://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/4656

Yohana, N. (2012). Perilaku Komunikasi Verbal dan NonVerbal Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(2). Retrieved from http://bppkibandung.id/index.php/jpk/article/viewFile/709/406

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1). Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714/2590

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Julian Gunadi. (2023). Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia Regional Aceh Barat. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 257–262. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.2157

Issue

Section

Articles